Monday, April 1, 2013

Manfaat Teh Hijau Yang Beragam

Minum teh memang saat ini telah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Aroman dan yang khas menyebabkan efek rileks pada tubuh sehingga tak heran jika semakin banyak orang yang suka minum teh. Perluanda ketahui, bahwa teh ada beberapa jenis diantaranya yaitu teh hijau, teh oolong, teh hitam dan teh putih. Semua jenis teh ini hanya berbeda pada proses pembuatannya dan juga manfaatnya. Nah, untuk kali ini kita akan membahas sedikit mengenai manfaat teh hijau yang beragam.

Manfaat teh hijau yang beragam mungkin sudah banyak yang tahu, karena di masyarakat memang pada umumnya minum teh hijau. Teh hijau ini pada proses pembuatannya tanpa mengalami proses fermentasi seperti halnya teh hitam maupun teh oolong.teh hijau memiliki cirri khas di mana air seduhnya akan berwarna hijau dan juga memiliki rassa yang sepat.

Cirri khas dari teh hijau ini lantas menjadi keuntungan tersenfiri karena warna yang hijau tersebut mngindikasikan kandungan senyawa yang ada pada teh hijau sehingga teh hijau memberikan banyak manfaat. Lantas apa saja manfaat teh hijau yang beragam tersebut? Silahkan simak uraian berikutini.

Manfaat teh hijau
manfaat teh hijau
1. Sebagai antioksidan
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pada teh hijau memiliki warna yang khas yaitu warna hijau yang menunjukkan adanya senyawa golongan antioksidan yaitu flavonoid. Senyawa ini mampu melawan paparan radikal bebas di lingkungan sekitar anda sehingga hal ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker, jantung koroner dan lain-lain.

2. Membantu menurunkan berat badan
Manfaat teh hijau yang beragam dalam kategori membantu menjaga bentuk tubuh anda ini karena ketika anda minum teh hijau maka metabolisme dalam tubuh anda akan meningkat. Dengan rutin meminum teh hijau, diperkirakan lemak dalam tubuh anda terbakar sebanyak 80 kalori perhari.

3. Meningkatkan memori dan kemampuan bekerja
Manfaat teh hijau yang beragam pada kategori untuk meningkatkan memori ini dikarenakan kandungan epigalokatekin galate (EGCG) yang terdapat dalam teh hijau. Senyawa ini mampu melindungi otak dan juga mencegah terjadi kanker pada otak.

Sebenarnya manfaat teh hijau, seperti melindungi gigi, membantumenghilangkan jerawat dan lain-lain. Manfaat teh hijau yang beragam ini tentunya akan sangat membantu anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga uraian di atas dapat memberikan manfaat untuk anda. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment