Wednesday, April 3, 2013

Manfaat Kacang Hijau

Bukan merupakan hal baru lagi jika kacang-kacangan merupakan salah satu golongan makanan yang baik untuk tubuh, karena pada dasarnya sebagian besar zat yang dibutuhkan tubuh terdapat dalam kacang-kacangan. Salahsatu jenis kacang-kacangan yang sering dikonsumsi masyarakat adalah kacang hijau, karena selain memiliki rasa yang enak juga mudah ditemukan di pasaran. Lantas, kira-kira apa saja manfaat kacang hijau ini?

Pada dasarnya semua jenis kacang-kacangan termasuk kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Namun, kali ini admin akan memberikan info mengenai manfaat kacang hijau yang mungkin anda sudah banyak yang tahu atau mungkin ada yang belum tahu atau juga bisa sebagai tambahan pengetahuan anda.

Nah, berikut ini beberapa manfaat kacang hijau khususnya untu kesehatan anda, diantaraya yaitu:

manfaat kacang hijau
1. Menjaga kesehatan sisitem pencernaan
Manfaat kacang hijau yang pertama ini karena kandungan serat yang cukup tinggi dari golongan makanan jenis kacang-kacangan sehingga kacang hijau sangat baik untuk anda konsumsi secara rutin. Selain itu, bagi anda yang memiliki gangguan pada saluran pencernaanmisalnya sembelit, dapat anda atasi dengan cara alami yaitu rutin makan kacang hijau.

2. Menjaga kesehatan kulit
manfaat kacang hijau ini dikarenakan kandungan vitamin E yang cukup potensial untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E mampu menghaluskan kulit, mencegah terjadinya penuaan dini dan juga membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Jadi, untu anda yang menginginkan terapi alami untuk kulit anda, dapat anda coba dengan kacang hijau. Selain itu, ternyata vitamin E dalam kacang hijau mampu meningkatkan kesuburan anda, jadi bagi anda yang mungkin kurang subur, dapat juga terapi dengan rutin makan kacang hijau.

3. Sumber energi
Perlu anda ketahui bahwa kacang-kacangan termasuk kacang hijau ini merupakan makanan sumber karbohidrat sehingga wajar jika anda akan merasa berenergi setelah makan kacang hijau. Sumber energy dari makanan ini cukup tinggi sehingga anda sebagai vegetarian tak perlu khawatir jika anda hanya makan sayur dari jeniskacang-kacangan.

Nah, itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment