Monday, April 1, 2013

Manfaat Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu mikronutrien yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu manfaat vitamin A yang memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat adalah untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, tak heran jika banyak orang yang perbanyak makan wortel ketika mengalami gangguan mata.

Perlu anda ketahui bahwa manfaat vitamin A sangat banyak sekali selain untuk menjaga kesehatan mata. Berikut beberapa manfaat dari vitamin A yaitu:

1. Pembentukan indera penglihatan
Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai manfaat vitamin A bahwa vitamin A ini mampu menjaga kesehatan mata yang merupakan indera penglihatan. Vitamin A membantu untuk mengubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima retina menjadi suatu proyesi gambar di otak. Jadi dalam sistem penglihatan manusia, vitamin A memiliki peranan yang pentng sehingga mata anda mampu melihat dengan jelas.

manfaat vitamin A2. Membantu sel berproduksi normal
Manfaat vitamin A yang kedua ini mungkin masyarakat banyak yang belum mengetahuinya. Vitamin A membantu dalam proses sel ketika berproduksi norma dan perlu anda ketahui bahwa ketika sel tidak berproduksi normal dapat berakibat pada munculnya sel kanker yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

3. Melindungi tubuh dari infeksi organism lain (bakteri atau pathogen)
Manfaat vitamin A ini dikarenakan senyawa ini mampu meningkatkan kinerja dari sel darah putih, di mana sel darah putih inilah yang berperan untuk melawan organism pengganggu tubuh seperti bakteri atau pathogen. Dengan kata lain, vitamin A mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh anda akan kebal terhadap bateri atau pathogen penyebab penyakit.

Ternyata banyak juga kan manfaat vitamin A? Selain manfaat vitamin A yang telah disebutkan di atas, vitamin a juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Karena senyawa ini juga mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan embrio atau janin. Nah, bagi anda yang mungkin sedang hamil, sebaiknya banyak makan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel.

Demikian uraian yang dapat admin berikan mengenai manfaat vitamin A. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi anda.

No comments:

Post a Comment