Friday, March 29, 2013

Rumus Cara menghitung Berat Badan Ideal

Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentunya menjadi keinginan setiap orang, terlebih bagi kaum wanita yang lebih cenderung memperhatikan masalah penampilan. Namun, perlu anda ketahui bahwa badan yang ideal bukan hanya untuk penampilan saja karena ternyata hal ini juga menjadi anjuran medic karena memang berkaitan dengan kesehatan. Lantas, bagaimana cara mengetahui berat badan ideal? Anda tak perlu khawatir, karena anda dapat mengetahuinya dengan mudah menggunakan rumus menghitung berat badan ideal.

Rumus menghitung berat badan ideal ini penting untuk anda ketahui, karena ketika anda sudah mengetahui berat badan ideal yang seharusnya anda miliki, anda dapat menentukan langkah yang selanjutnya dapat anda lakukan untuk mencapai berat badan ideal tersebut. Jika anda memiliki kelebihan berat badan, anda dapat melakukan diet atau bagi anda yang memiliki tubuh yang terlalu kurus, anda dapat melakukan program penggemukan badan agar berat badan anda meningkat.

Nah, pada kesempatan ini admin akan memberikan info mengenai rumus menghitung berat badan ideal agar anda dapat secara mudah mengetahui apakah berat badan anda termasuk ideal atau tidak. Jika anda tertarik, silahkan simak uraian di bawah ini.

Rumus menghitung berat badan ideal

Rumus Cara menghitung Berat Badan Ideal
1. Cara menghitung berat badan ideal yang pertama dapat anda lakukan dengan rumus:
Berat badan ideal= (tinggi badan-199) x 90%
Misalnya jika anda memiliki tinggi badan 160 cm, maka berat badan ideal anda menurut rumus menghitung berat badan ideal yang pertama ini yaitu (160-100) x 90% = 54 kg. Jadi ketika anda memiliki tinggi badan 160 cm, maka berat badan ideal anda adalah 54 kg. Namun, jika berat badan anda ternyata 20% lebih besar dari berat bdan ideal, hal ini berarti anda mengalami obesitas dan jika berat badan anda lebih rendah 10% dari berat badan ideal, hal ini berarti anda terlalu kurus.

2. Cara menghitung berat badan ideal yang kedua dapat anda lakukan dengan rumus:
Berat badan ideal – berat badan : kuadrat tinggi badan ( dalam meter)
Rumus menghitung berat badan ideal yang kedua ini biasa disebut dengan indeks masa tubuh (IMT). Misalnya anda memiliki berat badan 60 kg dengan tinggi 1,57 m, maka berat badan ideal anda adalah, 60 : (1,57) = 38,21.


Untuk berat tubuh normal akan menunjukkan hasil 18,5 sampai dari 24,9. Sedangkan jika hasilnya antara 25 sampai dari 29,9 maka disebut kelebihan berat badan. Sedangkan untuk hasil 30  ke atas sudah termasuk kegemukan.

Nah, itulah uraian mengenai rumus menghitung berat badan ideal yang dapat admin berikan. Semoga bermanfaat. (infokrenyes.blogspot.com)

2 comments: