Tuesday, March 5, 2013

Makanan Sumber Karbohidrat Sehat Untuk Menunjang Diet Anda


Karbohidrat merupakan sumber energi terbesar bagi tubuh dalam menjalankan segala aktivitas, tetapi sering sekali dalam melaksanakan program diet anda menghilangkan menu ini dalam daftar belanja anda. Padahal perlu untuk anda ketahui bahwa kenaikan berat badan tidak sepenuhnya dikarenakan asupan karbohidrat yang tinggi. Justru kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sehat sebagai sumber energi. Oleh karena itu, jika anda menghilangkan menu makanan sumber karbohidrat dari daftar makanan anda merupakan suatu ide yang buruk.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai makanan sumber karbohidrat, sebaiknya anda mengetahui apa itu yang namanya karbohidrat. Karbohidrat merupakan senyawa yang terdiri dari dari karbon, oksigen dan juga hydrogen. Karbohidrat ini ada dua macam yaitu karbohidrat sederhana dan juga karbohidrat komplek.

Makanan sumber karbohidrat dari karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana memang berbeda. Untuk karbohidrat sederhana biasanya berasal dari gula pasir (glukosa), gula buah (fruktosa) dan juga gula susu (laktosa). Sedangkan makanan sumber karbohidrat untuk jenis karbohidrat kompleks adalah seperti yang saya sebutkan di bawah ini. Karbohidrat kompleks kaya akan serat dan lebih sedikit gula ketimbang karbohidrat sederhana. Alih-alih menghilangkan sumber karbohidrat dalam menu harian, justru dengan mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks akan membuat anda kenyang lebih lama. Anda juga akan memiliki cadangan energi dalam jangka waktu yang lebih lama karena karbohidrat kompleks dicerna dan diserap perlahan-lahan sehingga kadar gula dalam darah tidak melonjak atau menurun dengan drastis, serta membuat kadar kolestrol tetap terjaga. Perlu diketahui pula bahwa karbohidrat jenis ini juga memberikan stimulus serotonin pada tubuh, yakni senyawa yang mengontrol emosi dan juga nafsu makan.



Beberapa makanan sumber karbohidrat kompleks :

makanan sumber karbohidrat1. Kentang rebus
Makanan sumber karbohidrat yang pertama ini memang tidak diragukan lagi. Kandungan pati yang tinggi menyebabkan makanan ini menimbulkan rasa kenyang dan juga menghasilkan kalori yang cukup besar. Olehkarena itu tak heran jika sebagian orang dapat menahan lapar hingga siang hanyaarena sarapan kentang.
2. Beras merah
Perlu anda ketahui bahwa makanan sumber karbohidrat yang paling sehat terletak pada beras merah, karena selain mengandung karbohidrat, beras merah juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan anda. Selain itu, beras merah juga baik untuk anda yang memiliki resiko terserang penyakit diabetes mellitus.
3. Kacang-kacangan
Makanan sumber karbohidrat yang satu ini seperti halnya dengan beras merah, karena kaya akan kandungan protein dan serat. Makanan ini sangat cocok bagi anda yang vegetarian, karena makanan sumber karbohidrat ini merupakan salah satu makanan yang sehat untuk anda konsumsi.
4. Roti gandum
Melihat dari nama makanan sumber karbohidrat ini, jelas kandungan karbohidratnya tinggi karena dalam makanan ini mengandung zat pati berupa gandum. Namun, makanan ini tenyata juga berefek bagus pada sisitem pencernaan anda.
5. Ubi jalar
6. Oatmeal
7. Buah Berry
8. Sayuran berdaun hijau
9. Apel
10.Kacang Polong

Nah, itulah beberapa makanan sumber karbohidrat sehat yang bisa anda konsumsi sehari-hari demi menunjang program diet yang anda lakukan. (infokrenyes.blogspot.com)