Tuesday, March 5, 2013

Cara Membuat Daftar Isi di Blog Wordpress Self Hosting

Membahas mengenai cara membuat daftar isi di wordpress, daftar isi merupakan halaman arsip blog yang dapat menampilkan semua isi blog secara keseluruhan, mulai dari anda posting artikel untuk yang pertama kali hingga artikel anda yang terbaru dan susunannya pun runtut. Nah, tentunya akan sangat menguntungkan anda bagi pembaca maupun anda sebagai bloger jika dalam wordpress terdapat daftar isi. Lantas, bagaimana cara membuat daftar isi di blog wordpress tersebut?

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan info mengenai cara membuat daftar isi di wordpress self hosting. Sebenarnya membuat halaman daftar isi di wordpress cukup mudah, anda dapat melakukannya dengan bantuan plugin dan salah satu plugin yang akan admin berikan untuk membuat halaman daftar ini di wordpress yaitu WP-Archives buatan Jim Penaloza Calixto.

Plugin WP-Archives merupakan plugin yang mampu mengelompokkan daftar isi berdasarkan bulan dan tahun serta artikel pada wordpress anda akan tersusun runtut mulai dari artikel terakhir sampai dengan artikel yang pertama anda posting. Tentunya hal ini akan membuat pembaca tertarik untuk mengunjungi wordpress anda dan selain itu di depan setiap judul artikel akan muncul tanggal posting. Nah, jika anda tertarik, silahkan simak uraian berikut ini mengenai langkah cara membuat daftar isi di wordpress dengan plugin WP-Archives.

1. Langkah awal dalam cara membuat daftar isi di wordpress ini yaitu dengan menginstal plugin WP-Archives. Caranya dapat anda lakukan dengan klik plugin kemudian add new.
2. Pada halaman install, ketikkan WP-Archives pada kotak pencarian atau search setelah muncul hasil pencarian kemudian klik install pada plugin WP-Archives.
3. Kemudian akan muncul jendela baru dan anda tinggal klik install now dan proses install telah dimulai.
4. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, setelah itu seperti biasanya anda klik active plugin untuk mengaktifkannya.

Setelah proses instalasi selesai, langkah cara membuat daftar isi di wordpress selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu membuat halaman daftar isi dan dapat anda lakukan dengan:

Cara Membuat Daftar Isi di Blog Wordpress1. Buat halaman baru dengan mengklik Pages dan Add New.
2. Pada Add New Page berikan judul untuk halaman Daftar Isi anda, misalnya site map atau mungkin daftar isi.
3. Pada kotak post editor dibawahnya, beralihlah ke mode HTML editor dengan mengklik tulisan HTML (text) pada sudut kanan atas editor. Kemudian masukkan kode <!--wp_archives-->



4. Langkah terakhir yaitu publikasikan halaman daftar isi ini dengan mengklik tombol publish.

Nah,cukup mudah bukan cara membuat daftar isi di wordpress? Selamat mencoba.

1 comment: