Tuesday, May 5, 2015

Mengenal Apa Itu GRC (Glass fibre reinforced concrete)

GRC dalam dunia konstruksi dewasa ini semakin dikenal saja. Sebagai produk pracetak tentu saja GRC memiliki banyak keunggulan meskipun tak mengesampingkan ada beberapa kekurangannya pula.

Mari kita lebih mengenal apa itu GRC. GRC sebenarnya adalah kependekan dari Glassfibre Reinforced Concrete tapi di Indonesia sering saya temui ada yang mengartikannya Glassfibre Reinforced cement.

Concrete dan Cement sebenarnya memiliki perbedaan. APa itu perbedaannya? Dalam dunia konstruksi, cement atau dalam bahas indonesianya semen dapat diartikan sebagai bahan kimia yang mengikat zat yang membuat benda-benda menempel satu sama lain. Sedangkan Concrete secara sederhananya dapat diartikan material komposit yang terbuat dari air, agregat, dan semen.


Seperti namanya, GRC ini adalah material yang terbuat dari bahan serat fiber, pasir dan semen. GRC ini seringkali dipergunakan untuk material finishing facade atau pada sisi luar bangunan. Itu tak lepas dari keunggulan yang dimiliki GRC untuk fungsi tersebut.

Beberapa kelebihan yang dimiliki GRC :


- GRC dapat diaplikasikan ke banyak bentuk mulai dari sebagai panel dinding, kubah, kolom, dll

- GRC memiliki ketahanan terhadap cuaca bahkan lebih tahan karat dibandingkan baja

- GRC memiliki sifat tahan lama dan ramah terhadap lingkungan

- GRC lebih ringan dibanding beton berat

- GRC tidak memerlukan perawatan khusus sepanjang tidak terkena kondisi yang teramat ekstrim

- Dan lain-lain

Berikut saya tampilkan beberapa contoh produk GRC yang saya ambil dari salah satu website suplier grc panel yang saya temui dari hasil browsing :

grc relief

grc krawangan

grc krawangan allaili

grc krawangan annawawi

grc krawangan annazwa

Sebenarnya produk GRC itu banyak sekali macamnya, apabila anda tertarik untuk mendapatkan produk GRC sesuai dengan desain yang anda inginkan, saya merekomendasikan untuk mengunjungi GRCartikon.com karena mereka berani menawarkan custom desain.