Friday, March 29, 2013

Manfaat Vitamin K

Salah satu vitamin yang memiliki peran yang tak kalah penting dengan senyawa lain yaitu vitamin K. manfaat vitamin K mungkin tidak terlalu falmiliar di kalangan masyarakat seperti halnya vitamin A ataupun vitamin C. Namun, penting bagi anda untuk mengetahuinya karena perannya dalam tubuh yang cukup vital.

Membahas mengenai manfaat vitamin K, tentunya anda ingat pada salah satu pelajaran ketika anda duduk di bangku SMP atau SMA atau bahkan mungkin ketika anda kuliah, di mana vitamin K ini berperan dalam proses pembekuan darah. Dan memang pada kenyataanya benar, vitamin K sangat diperlukan dalam proses pembekuan darah.

Nah, lantas manfaat vitamin K yang lain kira-kira apa saja? Beruntung sekali, karena pada kesempatan kali ini admin akan memberikan info mengenai manfaat vitamin K bagi tubuh anda. Apabila anda tertarik, silahkan simak uraian berikut ini.

Manfaat vitamin K

manfaat vitamin k
1. Memiliki peran dalam pertumbuhan tulang dan juga pencegahan osteoporosis
Manfaat vitamin K yang pertama ini dikarenakan vitamin ini memiliki kemampuan mengikat kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Tulang yang bentuknya berongga membutuhkan kalsium untuk pengerasan tulang, jika anda tidak memenuhi asupan kalsium untuk jangka panjang dapat berdampak pada munculnya osteoporosis atau yang berarti terjadi pengeroposan tulang. Hindari hilangnya kepadatan tulang karena jarang mengkonsumsi vitamin K. Hal ini sering terjadi pada orang yang sering mengalami patah tulang seperti patah tulang pinggul walaupun dalam kasus sederhana karena kekurangan kalsium yang diikat oleh vitamin K ini.

2. Mengotrol kadar gula dalam darah
Pada dasarnya manfaat vitamin K yang satu ini dikarenakan kemampuannya dalam mengontrol produksi protrombin di hati. Selain itu, secara khusus vitamin K dapat mengurangi adanya resistenterhadap insulin, di mana hal ini dapat berdampak pada terkontrolnya kadar gula darah anda.

3. Menekan proses pendarahan di hati
Meskipun organ dalam, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya pendarahan di hati. Konsumsi obat secara bekepanjangan dan juga pemakaian obat secara terus menerus merupakan hal yang dapat menyebabkan pendarahan pada hati anda. Nah, oleh karena itu, anda dapat mengatasinya dengan mengambil manfaat vitamin K dengan memenuhi asupannya.

Nah, itulah uraian singkat mengenai manfaat vitamin K untuk tubuh. Semoga bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment