Sunday, March 31, 2013

Manfaat Vitamin B

Manfaat vitamin B dalam tubuh memang beragam karena jenis dari vitamin ini sendiri juga beragam. Ada 8 macam vitamin B yaitu vitamin B1 atau tiamin,vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3 atau niasin, vitamin B5 atau pantotenat, vitamin B6 atau piridoksin, vitamin B7 atau biotin, asam folat atau vitamin B9 dan juga kobalamin atau vitamin B12.

Beberapa jenis vitamin B ini masing-masing memiliki fungsi tersendiri dalam tubuh dan ada juga yang bekerja secara sinergis. Tentunya dengan banyaknya kjenis dari vitamin B juga membuat manfaat vitamin B akan sangat penting dalam tubuh.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat vitamin B, perlu anda ketahui bahwa vitamin B larut dalam air sehingga perlu anda perhatikan pada proses pengolahannya. Nah, berikut ini fungsi dasar dari vitamin B dalam tubuh secara keseluruahan, diantaranya:

manfaat vitamin B1. Membantu produksi energi
Manfaat vitamin B yang pertama ini karena vitamin B mampu mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian menghasilkan energy bagi tubuh sehingga anda dapat beraktivitas secara optimal. Oleh karena itu, sangat berbahaya jika anda kekurangan vitamin B, anda akan mengalami kelelahan yang ekstrim dan kurangnya vitalitas dalam tubuh.

2. Membantu menjaga sistem pencernaan
Manfaat vitamin B yang kedua ini disebabkan senyawa ini mampu larut dalm air. Vitamin B dapat memperbaiki sistem pencernaan anda dan juga produksi asam klorida (HCl) yang berperan dalam memmecah lemak, protein serta karbohidrat. Jika anda sampai terena defisiensivitamin B, maka akan terjadi masalah dengan sistem pencernaan anda.

3. Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku
Manfaat vitamin B yang ketiga ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda yang memperhatikan penampilan. Karena senyawa ini mampu mencerahkan kulit, menunda munculnya uban dan juga menjaga kesehatan kuku anda. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan terjadinya gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan rambut cepat beruban.

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin B yang dapat admin berikan. Semoga bermanfaat untuk anda dan tentunya akan menambah pengetahuan anda khususnya mengenai manfaat vitamin B.

No comments:

Post a Comment