Sunday, March 31, 2013

Manfaat Vitamin D

Untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum, tubuh memerlukan asupan vitamin D yang cukup karena pada dasarnya senyawa in memiliki peran yang penting dalam tubuh manusia. Terutama bagi anda yang memiliki bayi. Salah satu manfaat vitamin D yang tidak asing di telinga kita yaitu untuk pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat. Fungsinya yang utama ialah untuk memelihara konsentrasi kalsium dan fosfor yang tepat di dalam tubuh.

Pada bayi, tentunya organ dalam tubuh belum berfungsi secara sempurna terutama untuk tulang sehingga khusus untuk anda yang memiliki bayi, sebaiknya memperhatikan asupan vitamin D mengingat manfaat vitamin D yang sangat penting. Namun, sebenarnya jika berbicara mengenai vitamin D, manfaat yang anda peroleh bukan hanya yang sudah admin sebutkan di atas, masih ada manfaat lain yang juga tak kalah penting untuk tubuh anda.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan info mengenai manfaat vitamin D untuk tubuh. Selahkan simak uraian berikut ini.

Manfaat vitamin D

manfaat vitamin d
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bagi anda yang sering merasa kecapekan karena tugas yang banyak atau anda yang sering lembur, ada baiknya jika anda mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin D karena salah satu manfaat vitamin D adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Jika anda tidak dapat meluangkan waktu untuk mencari makanan yang mengandung vitamin D, anda dapat memperolehnya dengan berjemur di pagi hari untuk memenuhi asupan vitamin D.

2. Membantu pengobatan tuberkulosis dan mengurangi risiko kematian karena HIV/AIDS
Manfaat vitamin D ini dapat anda peroleh jika anda mengkonsumsinya dalam dosisi yang tinggi karena pada dasarnya vitamin D mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara natural sehingga penyakit yang menyerang sistem imun seperti HIV/AIDS dapat diatasi dengan pemberian vitamin D dosis tinggi.

3.  Vitamin D meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan

Nah, itulah manfaat vitamin D yang lain selain untuk tulang. Namun, anda juga harus membatasi dalam mengkonsumsi vitamin D karena kelebihan vitamin D dapat menyebabkan diare, berkurangnya berat badan, muntah-muntah, dan dehidrasi berlebihan.

Apabila terjadi defisiensi vitamin D, tubuh akan mengalami berbagai gangguan penyakit, antara lain osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit jantung, dll.

Sumber vitamin D : Sinar matahari pagi antara pukul pukul 06.00 - 09.00, minyak ikan, ikan salmon, tuna, susu, sereal, telur, jamur kancing putih, udang, dll.

Berdasarkan sebuah sumber, ternyata tubuh bisa memproduksi vitamin D. 40% kulit yang terpapar sinar ultra violet B (UVB) matahari selama sekitar 15-30 menit akan menghasilkan hingga 20.000 IU vitamin D. Fakta tersebut cukup mengejutkan, mengingat kebutuhan harian atas vitamin D sebenarnya hanya berkisar 400 IU.

Demikian uraian mengenai manfaat vitamin D yang dapat admin berikan. Semoga bermanfaat untuk anda.