Monday, March 4, 2013

Makanan Sumber Lemak


Membahas mengenai lemak, sering kali kita menghubungkan dengan obesitas atau berkaitan hal negative seperti penyakit kolesterol dan lain sebagainya. Namun, perlu anda ketahui bahwa lemak pun dibutuhkan dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya demi kesehatan anda. Oleh karena itu, anda tetap harus memenuhi kebutuhan lemak sebagai sumber energi dalam tubuh dan salah satunya dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan sumber lemak.

Makanan sumber lemak memang sangat banyak, namun kandungan lemaknya pun berbeda-beda seperti beberapa makanan yang mengandung lemak trans, minyak terhidrogenasi, lemak jenuh dan beberapa minyak tropis dapat menyebabkan gangguan keseimbangan dan menimbulkan berbagai penyakit. Untuk lemak jenis inilah yang seharusnya anda hindari.

Lantas, makanan sumber lemak yang seperti apa yang sebaiknya kita konsumsi? Tentunya selain yang sudah disebutkan di atas, seperti pada minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian dan juga minyak nabati. Jenis lemak seperti inilah yang harus anda penuhi asupannya setiap hari.



makanan sumber lemak

Lemak-lemak baik tersebut dapat anda peroleh dari beberapa makana sumber lemak berikut ini.

1. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu makanan sumber lemak yang berasal dari golongan buah-buahan yang mungkin sangat jarang yang mengandung lemak. Bagi anda yang sangat suka dengan buah ini tak perlu khawatir karena lemak dalam buah ini merupakan jenis lemak baik (HDL).

2. Ikan
Makanan sumber lemak yang satu ini dapat anda peroleh dari beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, tuna, dan lain sebagainya. Makanan ini mengandung asam lemak yang baik yaitu omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

3. Kacang-kacangan atau polong-polongan
Makanan sumber lemak yang ketiga ini dapat mengurangi resiko kematian akibat serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk rutin mengkonsumsi kacang-kacangan demi menjaga kesehatan jantung anda.

Nah, itulah beberapa makanan sumber lemak yang dapat admin berikan. Selain makanan yang sudah disebutkan di atas, anda dapat memenuhi asupan lemak dengan mengkonsumsi minyak kelapa murni. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan selamat mencoba. (infokrenyes.blogspot.com)