Friday, April 5, 2013

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Susu kedelai rasanya memang sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat karena saat ini banyak pedagang sayur keliling ataupun warung-warung di sekitar rumah anda yang menjual susu kedelai atau bahkan mungkin tetangga anda ada yang usaha susu kedelai. Kondisi ini tentunya semakin mempermudah anda yang memiliki hobi minum susu kedelai dan perlu anda tahu bahwa jika anda hobi minum susu kedelai merupakan salah satu keuntungan anda karena ternyata manfaat susu kedelai bagi kesehatan sangat banyak.

Selain manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang tergolong banyak, anda dapat minum susu kedelai sebagai alternative pilihan anda jika anda alergi dengan protein pda susu sapi, karena pada kenyataannya ada beberpa orang yang mengalaminya. Lantas apa saja manfaat minum susu kedelai dan apakah kira-kira sama atau tidak manfaat dari kedelai ketika diolah menjadi susu ataupun tidak?

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan sedikit uraian mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Silahkan simak uraian di bawah ini.

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan

manfaat susu kedelai
1. Mengatasi intolerens laktosa
Manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang pertama ini maksudnya yaitu ketika sistem pencernaan tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa atau lemak susu, tentunya tidak baik jika anda memberikan susu sapi yang jelas mengandung laktosa.pada kondisi ini anda dapat menggunakan susu kedelai sebagai alternative pilihan anda sebagai pendamping ASI untuk anak anda dengan usia di atas 1 tahun karena susu kedelai tidak mengandung lemak susu.

2. Mengurangi kadar kolesterol darah
Di dalam tubuh manusia kolesterol akan bergabung dengan protein membentuk lipoprotein. Lipoprotein memiliki dua jenis yaitu yang bersifat jahat LDL dan yang cenderung memiliki sifat baik yaitu HDL. Jika akandungan LDL tinggi dan HDL rendah maka resiko terkena serangan jantung akan semakin tinggi. Nah, pada susu edelai mengandung lesitin yang mampu menghambat LDL dan juga mengandung isoflavon yang memicu HDL sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin anda akan terbebas dari resiko penyakit jantung.

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan selain yang sudah disebutkan di atas sebenarnya masih banyak lagi seperti mencegah osteoporosis, menopause dini, dan masih banyak lagi. Dan penting untuk anda ketahui bahwa proses pengolahan tidak memberikan efek yang berbeda dari kedelai, baik itu dalam bentuk susu ataupun produk lain.

No comments:

Post a Comment